Cara Membuat Flash Bang atau Granat Kejut

Hai Sobat
Ketemu lagi dengan saya
Disisni saya akan membahas tentang cara membuat granat kejut atau yang biasa disebut Flash Bang bomb





FLASH BANG


   Flash bang adalah bomb yang memiliki efek kejut disertai kilatan cahaya dan bunyi,bomb ini dapat membuat orang terkejut hingga pingsan, bomb ini juga dapat mengelabui musuh dan merusak mata musuh saat di medan perang.Flash bang biasanya digunakan sebagai alat tempur ataupun hanya sebagai mainan, nah disini saya akan menjelaskan cara membuatnya tapi khusus sekelas mainan,bukan buat alat tempur.

Nah sudah tahu kan apa itu flasbang
Bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah flashbang adalah amonium nitrat dan aluminium bubuk.
Tapi  amonium nitrat adalah bahan peledak dan penggunaanya terbatas di indonesia, jadi gimana kalo kita buat dari potassium nitrat ,belerang bubuk dan aluminium bubuk.

alat dan bahan :

>----------potassium nitrat
>----------belerang
>----------aluminium bubuk
>----------sumbu petasan

CARA :
 (peringatan) : Kami tidak menyarankan anda membuat bubuk kejut, apabila ada kesalahan saat membuat bubuk kejut kami tidak bertanggung jawab atas pembuatan anda.

Aluminium - nitrat dengan sulfur
Komposisi ini, biasanya dalam rasio 5 bagian kalium nitrat, 3 bagian aluminium powder, 2 bagian sulfur, sangat populer. Hal ini tidak terbakar dengan cepat, kecuali bahan-bahan yang sangat halus digunakan. Meskipun menggabungkan sulfur, itu sebenarnya cukup stabil, Menambahkan 2% dari berat dengan asam borat terkenal untuk secara signifikan meningkatkan stabilitas dan umur simpan. Rasio lain seperti KNO3 6 / 3 Al / 2 S dan 5 KNO3 / 2 Al / 3 S juga ada dan bekerja. Semua rasio memiliki waktu membakar yang sama dan kekuatan, meskipun 5 KNO3 / 3 Al / 2 S tampaknya menjadi dominan.
2 KNO 3 + 4 + Al S → K 2 S + N 2 + 2 Al 2 O 3
Komposisinya sekitar 59% KNO 3: 31,6% Al: 9,4% S berat untuk reaktan di atas stoikiometri persamaan seimbang.
Untuk hasil terbaik, "German gelap" aluminium harus digunakan, dengan sulfur airfloat, dan halus murni kalium nitrat.

Keselamatan dan penanganan

               Bubuk flash bahkan dalam penggunaan yang dimaksudkan sering melepaskan kekuatan ledakan kapasitas mematikan. Hampir semua banyak digunakan campuran flash-powder yang sensitif terhadap kejutan, gesekan dan elektrostatik-discharge. Dalam campuran tertentu tidak jarang untuk sensitivitas ini secara spontan berubah dari waktu ke waktu, atau karena perubahan lingkungan, atau faktor-faktor lain yang tidak dapat diketahui baik dalam manufaktur asli, atau dalam penyimpanan dunia nyata. Selain itu, kontaminan disengaja seperti asam kuat atau senyawa sulfur dapat menyadarkan mereka bahkan lebih. Karena campuran flash-powder sangat mudah untuk memulai, ada potensi risiko tinggi ledakan disengaja yang dapat menimbulkan cedera ledakan / fragmentasi parah misalnya, kebutaan, amputasi peledak, maiming permanen atau cacat. Kematian telah terjadi. Berbagai komposisi bubuk flash untuk itu tidak boleh ditangani oleh siapa saja yang terbiasa dengan sifat-sifat mereka, atau teknik penanganan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan. Bubuk Flash dan flash-powder perangkat menimbulkan risiko yang sangat tinggi kepada anak-anak, yang biasanya tidak dapat memahami bahaya dan mungkin kurang mahir dengan teknik penanganan yang aman. Akibatnya, anak-anak cenderung menderita cedera lebih parah daripada orang dewasa.
Flash bubuk-terutama yang menggunakan klorat -seringkali sangat sensitif terhadap gesekan, panas / api dan listrik statis . Percikan sesedikit 0.1-10 millijoules dapat memicu campuran tertentu. Formulasi tertentu yang menonjol dalam pers bawah tanah mengandung sulfur dan potasium klorat . Campuran ini terutama shock dan gesekan sensitif dan dalam banyak aplikasi harus dipertimbangkan terduga. Praktek piroteknik modern panggilan untuk tidak pernah menggunakan sulfur dalam campuran yang mengandung garam klorat.

         Beberapa formulasi bubuk flash (orang-orang yang menggunakan satu digit serpihan micrometre bubuk aluminium atau bubuk magnesium halus sebagai bahan bakar mereka) dapat self-membatasi dan meledak dalam jumlah kecil. Hal ini membuat bubuk flash berbahaya untuk menangani, karena dapat menyebabkan kerusakan pendengaran parah dan cedera amputasi bahkan ketika duduk di tempat terbuka. Self-kurungan terjadi ketika massa tumpukan memberikan inersia cukup untuk memungkinkan tekanan tinggi untuk membangun di dalamnya sebagai campuran bereaksi. Hal ini disebut sebagai 'kurungan inersia', dan tidak menjadi bingung dengan ledakan sebuah.

          Bubuk Flash formulasi apapun tidak boleh dicampur dalam jumlah besar oleh pyrotechnician amatir. Pemula harus dimulai dengan jumlah sub-gram, dan menahan diri dari membuat perangkat besar. Bubuk Flash harus hanya dapat dilakukan di tempat di mana ia akan digunakan. Selain itu, campuran harus dilakukan segera sebelum digunakan. Ketika dibuat, maka transportasi, penyimpanan, penggunaan, dan berbagai kepemilikan dan ilegal "senjata api" undang-undang, (termasuk tindak pidana berat,) dapat berlaku yang tidak berlaku untuk komponen dicampur atau pra-dirakit.



Sekian,semoga bermanfaat
Note: jangan menggunakan flash bang sebagai bahan kejutan bagi teman-teman anda , gunakanlah hanya sebagai experimen dan dilakukan di lapangan luas yang jauh dari jangkauan anak-anak dan orang yang memiliki gangguan jantung.




#SalamPeoplePower

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bertanyalah dengan bahasa yang baik dan berkomentarlah dengan etika yang benar.